5 Buah yang Baik Untuk Kesehatan (tulisan B.Indonesia 2 #)   Leave a comment

Buah,merupakan makanan yang semua orang suka dan salah satu jenis makanan yang memiliki kandungan gizi, vitamin dan mineral yang pada umumnya sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari. Dibandingkan dengan suplemen obat-obatan kimia yang dijual di toko-toko, buah jauh lebih aman tanpa efek samping yang berbahaya serta dari sisi harga umumnya jauh lebih murah dibanding suplemen yang memiliki fungsi yang sama.

1. Manggis

Buah dengan tampilan yang sebagian orang beranggapan  tidak manarik,tapi menyimpan beberapa Khasiat bagi kesehatan karna mengandung anti oksidan yang sangat tinggi, Buah Manggis, buah kecil berwarna ungu yang mendapat julukan sebagai “queen of fruit”  Buah manggis disebut sebagai “queen of fruit” karena memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Buah manggis dipercayai amat berkhasiat terutama di bagian kulit dalam manggis dan biji buah manggis.Buah Manggis mengandung Xantona yaitu bahan aktif dalam buah Manggis yang dapat mengobati berbagai jenis penyakit seperti alergi, pilek, lelah, berbagai penyakit kulit seperti eksim, gatal-gatal, psoriasis, seborrhea, kurap, luka-luka yang biasa pada mulut, melepuh, selepas pembedahan, penyakit darah tinggi, kencing manis, kelebihan kolesterol , keletihan, kekurangan darah, ulser, gastrik, saluran usus yang bengkak,Menjaga kesehatan kardiovaskular dan membantu membentuk sel darah merah yang sehat dan sistem saraf yang sehat,Membantu menjadi kulit, mata , gigi, gusi dan rambut lebih sehat. Membantu meningkatkan kesehatan penglihatan, penglihatan pada malam, dan kesehatan mata,Satu antioksidan yang unggul dengan nilai ORAC yang paling tinggi. Antioksidan membantu badan menentang radikal bebas yang bahaya dan juga menggalakkan panjang umur sel.* Bukti ilmiah menunjukkan bahwa penggunaan vitaman antioksidan boleh mengurangkan risiko penyakit kanker.

2. Jambu biji

Jambu biji yang memiliki nama latin Psidium guajava L ini memiliki banyak manfaat karena kandungan gizinya yang tinggi dan juga bisa digunakan untuk menyembuhkan beberapa penyakit.Kandungan vitamin C pada jambu biji, 2 kali lebih banyak di bandingkan dengan vitamin C pada jeruk manis. kandungan vitm c pada jambu biji sebanyak 106 mg sedangkan jeruk sebanyak 69 mg, Dan biasanya kandungan vitamin C paling banyak terdapat pada daging dan kulit jambu biji apalagi ketika buah akan matang. Dengan kandungan vitamin C ini, salah satu manfaat jambu biji adalah dapat meningkatkan kekebalan tubuh.Manfaat jambu biji ditunjang dengan adanya kandungan pektin yang merupakan serat larut air.Pektin inilah yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol.Kandungan likopen dari buah ini juga tidak sedikit. Zat likopen yang berlimpah pada jambu biji ini memiliki fungsi untuk mencegah penyakit kanker, dan juga melindungi tubuh dari antioksidan.Jambu biji juga mengandung zat – zat lain yang tak kalah penting seperti triterpinoid, eugenol, zat samak, damar, asam apfel dan tanin.

3.Buah Apel

Apel, siapa yang tidak kenal dengan buah ini? Buah ini mudah didapatkan karena dijual di berbagai tempat penjualan buah. Berbagai jenis dan warna buah apel ada di mana-mana. Apel banyak disukai karena rasanya yang khas. Berdasarkan penelitian, dalam satu buah apel saja diyakini memiliki banyak khasiat yang bermanfaat bagi tubuh. Apa saja kandungan buah apel? Dan manfaat apa saja yang bisa diperoleh dari sebuah apel? Buah apel kaya akan kandungan vitamin. Beberapa vitamin yang terdapat dalam buah apel misalnya vitamin A, vitamin B1vitamin B2vitamin B3vitamin B5vitamin B6vitamin B9vitamin C.Buah apel mengandung banyak mineral. Mineral dalam buah apel antara lain kalsium, magnesium, potasium, zat besi, dan zinc.Buah apel juga mengandung fitokimia. Fitokimia merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang berasal dari polusi atau lingkungan sekitar. Zat ini juga berfungsi untuk menekan jumlah kolesteroljahat (LDL) yang dapat menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.Apel kaya akan serat, sehingga baik untuk orang yang sedang dalam program diet. Hal ini disebabkan karena serat yang tinggi sehingga mencegah lapar datang lebih cepat.Buah apel mengandung serat yang berguna mengikat lemak dan kolesterol jahat dalam tubuh untuk selanjutnya dibuang.Buah apel juga memiliki kandungan tanin. Tanin adalah zat yang berfungsi membersihkan dan menyegarkan mulut, sehingga dapat mencegah kerusakan gigi dan penyakit gusi.Di dalam sebuah apel juga terdapat asam tartar. Asam tartar yang dapat menyehatkan saluran pencernaan, karena zat ini mampu membunuh bakteri yang ada dalam saluran pencernaan.Melihat banyaknya unsur kesehatan yang dapat dimanfaatkan, tentu kita dapat mencoba untuk mengkonsumsi satu buah apel setiap hari.

4.Buah Naga

Buah yang berbentuk uniq dan cocok ditanam di daerah beriklim  tropis seperti  indonesia ini  memiliki banyak manfaat Buah naga mempunyai khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan manusia diantaranya sebagai penyeimbang kadar gula darah, pelindung kesehatan mulut, pencegah kanker usus, mengurangi kolesterol, pencegah pendarahan dan mengobati keluhan keputihan.Buah naga biasanya dikonsumsi dalam bentuk buah segar sebagai penghilang dahaga, karena buah naga mengandung kadar air tinggi sekitar 90 % dari berat buah. Rasanya cukup manis karena mengandung kadar gula mencapai 13-18 briks.Menurut AL Leong dari Johncola Pitaya Food R&D, organisasi yang meneliti buah naga merah , buah kaktus madu itu cukup kaya dengan berbagai zat vitamin dan mineral yang sangat membantu meningkatkan daya tahan dan bermanfaat bagi metabolisme dalam tubuh manusia.
“Penelitian menunjukkan buah naga merah ini sangat baik untuk sistem peredaran darah, juga memberikan efek mengurangi tekanan emosi dan menetralkan toksik dalam darah.“Penelitian juga menunjukkan buah ini bisa mencegah kanker usus, selain mencegah kandungan kolesterol yang tinggi dalam darah dan menurunkan kadar lemak dalam tubuh,” katanya.
Secara keseluruhan, setiap buah naga merah mengandungi protein yang mampu meningkatkan metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan jantung; serat (mencegah kanker usus, kencing manis dan diet); karotin (kesehatan mata, menguatkan otak dan mencegah masuknya penyakit), kalsium (menguatkan tulang).
Buah naga juga mengandungi zat besi untuk menambah darah; vitamin B1 (mencegah demam badan); vitamin B2 (menambah selera); vitamin B3 (menurunkan kadar kolesterol) dan vitamin C (menambah kelicinan, kehalusan kulit serta mencegah jerawat).

5. Buah Kelapa

Buah yang banyak kita jumpai di daerah atau pulau yang tedapat di tepi pantai khususnya di Indonesia,dengan pohon yang  berbentuk panjang dan menjulang tinggi ini memiliki banyak manfaat seperti mengobati :Keracunan,Sakit panas dalam,Sakit panas, Demam berdarah,Kencing batu,Mengurangi sakit waktu haid,Influenza,Morbili

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: