Tugas Manajemen Strategik (PT AQUA Golden Mississippi .Tbk)   Leave a comment

LATAR BELAKANG PERUSAHAAN

PT. DANONE AQUA

 

1.         SEJARAH

            PT AQUA Golden Mississippi didirikan pada tahun 1973 oleh Bapak Tirto Utomo, sebagai produsen pelopor air minum dalam kemasan di Indonesia. Ide mendirikan perusahaan AMDK timbul ketika Tirto bekerja sebagai pegawai Pertamina pada awal tahun 1970-an dan pegawai Petronas pada awal dekade 1980-an. Ketika itu Tirto bertugas menjamu delegasi sebuah perusahaan Amerika Serikat. Namun jamuan itu terganggu ketika istri ketua delegasi mengalami diare yang disebabkan karena mengonsumsi air yang tidak bersih. Tirto kemudian mengetahui bahwa tamu-tamunya yang berasal dari negara Barat tidak terbiasa meminum air minum yang direbus, tetapi air yang telah disterilkan. Ia dan saudara-saudaranya mulai mempelajari cara memproses air minum dalam kemasan di Bangkok, Thailand, Ia meminta adiknya, Slamet Utomo untuk magang di Polaris, sebuah perusahaan AMDK yang ketika itu telah beroperasi 16 tahun di Thailand. Tidak mengherankan bila pada awalnya produk Aqua menyerupai Polaris mulai dari bentuk botol kaca, merek mesin pengolahan air, sampai mesin pencuci botol serta pengisi air, karena di Indonesia sama sekali tidak ada. Atasan Tirto, Ibnu Sutowo juga mengatakan : “Aneh Tirto iki, banyu banjir kok diobokke dalam botol”.

Tirto mendirikan Pabrik pertamanya di Pondok Ungu, Bekasi, dan menamai pabrik itu PT Golden Mississippi dengan kapasitas produksi enam juta liter per tahun.Tirto sempat ragu dengan nama PT Golden Mississippi yang meskipun cocok dengan target pasarnya, ekspatriat, namun terdengar asing di telinga orang Indonesia. Sebelum bernama Aqua, dahulu bernama Puritas (nama lain dari Pure Artesian Water), yang berlogo daun semanggi. Tetapi, Eulindra Lim, mengusulkan untuk menggunakan nama Aqua karena cocok terhadap imej air minum dalam botol serta tidak sulit untuk diucapkan. Ia setuju dan mengubah merek produknya dari Puritas menjadi Aqua, karena kata Puritas sulit diucapkan. Dua tahun kemudian, produksi pertama Aqua diluncurkan dalam bentuk kemasan botol kaca ukuran 950 ml dengan harga jual Rp.75, hampir dua kali lipat harga bensin yang ketika itu bernilai Rp.46/liter.

            Setelah beroperasi selama 30 tahun, kini AQUA memiliki 14 pabrik di seluruh Indonesia. Pada tahun 1998, AQUA (yang berada di bawah naungan PT Tirta Investama) melakukan langkah strategis untuk bergabung dengan Group DANONE, yang merupakan salah satu kelompok perusahaan air minum dalam kemasan terbesar di dunia dan ahli dalam nutrisi. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk, market share, dan penerapan teknologi pengemasan air terkini. Di bawah bendera DANONE-AQUA, kini AQUA memiliki lebih dari 1.000.000 titik distribusi yang dapat diakses oleh pelanggannya di seluruh Indonesia.

 

            Aqua untuk saat ini merupakan market leader dalam medan persaingan berbagai produk air mineral di Indonesia. Posisinya yang kuat disebabkan oleh faktor Aqua sebagai produk air mineral yang pertama kali hadir di Indonesia serta strategi promosi dan pemasaran yang gencar. Metode promosi yang digunakan adalah terutama melalui iklan di media elektronik dan cetak, mensponsori berbagai acara, serta instalasi iklan billboard secara luas.

2.         VISI

            AQUA telah menjadi bagian dari keluarga sehat Indonesia selama lebih dari 40 Tahun. Sebagai pelopor air minum dalam kemasan sejak didirikan tahun 1973, kini AQUA menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari hidup sehat masyarakat Indonesia. Dulu dan kini, AQUA tetap dan selalu menjadi yang terbesar dan terdepan di Indonesia. Volume penjualan AQUA merupakan volume penjualan terbesar di dunia untuk kategori air mineral.

3.         MISI

1)         Melakukan program untuk menyehatkan konsumen Indonesia dan Asia Pasifik

2)         Meningkatkan kapasitas produksi untuk memenuhi kebutuhan pasar degan standar dunia. pemberian lisensi disertai dengan kewajiban penerapan standar produksi dan pengendalian mutu yang prima

3)         Menyiapkan sumber air minum dalam kemasan  yang sehat yang murni, bening, dan bebas bakteri dengan melakukan pengujian produk setiap tetesnya berdasarkan standar internasional.

4)         Meningkatkan kualitas management diseluruh organiasi dan Peningkatan Research & Development menuju AQUA ISO 9002

4.         BUDAYA

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang sumber daya alam, Aqua menyadari bahwa ciptaan alam yang berharga, dengan kebaikan alam dalam setiap tetesnya, harus dijaga  keberadaaanya. Hal ini dilakukan agar konsumen selalu dapat menikmati air Aqua dari generasi  ke generasi berikutnya. Oleh karenanya, menjaga kelestarian alam merupakan faktor terpenting  dalam proses keberlangsungan Aqua. Komitmen untuk menjaga kelestarian alam pun bukan lagi hanya sekadar tagline semata. Sesuai dengan komitmen Danone Aqua tentang manajemen sumber daya air untuk menjamin kemurnian dan kualitas sumber-sumber mata air alami, Aqua melakukan sejumlah program sosial dan lingkungan hidup untuk memberdayakan masyarakat sekitar. Salah satunya dengan melakukan program CSR “Gunung Salak Lestari” di wilayah Sukabumi yang merupakan hasil dari kemitraan strategis antara Pesantren Al-Amin, sebuah pesantren yang berbasis di Sukabumi dengan Danone Aqua dan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS). Program penghijauan ini menekankan konservasi pertanian organik berbasis komunitas. Artinya, bagaimana tanaman yang dipilih akan menahan air lebih lama di daratan sehingga warga memperoleh manfaat dan dapat meningkatkan taraf hidup mereka

 

  1. 5.         MARKETING MIX

Marketing mix merupakan suatu alat marketing yang digunakan perusahaan untuk  mencapai tujuan marketing dalam pasar target. Mizone sebagai pendatang baru minumanisotonik menunjukkan eksistensinya dengan mengoptimalkan unsur 4 P marketing mix (Produk, Harga, Distribusi, Promosi) yang kompetitif Strategi Marketig Mix PT Danone Aqua terhadap Mizone :

1) Produk (product)

Mizone yang diproduksi oleh Danone Aqua merupakan kategori minuman isotonik bernutrisi. Diluncurkan pertama kali pada 27 September 2005 di Surabaya dengan rasa orange lime yang menyegarkan, rasa passion fruit yang memanjakan selera, dan pada Juni 2008 meluncurkan varian baru dengan rasa lychee lemon yang sensasional. Mengandung Hydromaxx yaitu : Vitamin B1, B3, B6, dan B12 untuk membantu metabolisme karbohidrat menjadi energi, Vitamin C, sebagai antioksidan untuk menjaga kahidupan sel dalam tubuh, dan elektrolit untuk menggantikan mineral yang hilang akibat pengeluaran keringat. Bahan dasar Mizone menggunakan air mineral Aqua dan sari buah alami melalui proses kristalisasi. Mizone sendiri merupakan produk yang sudah terkenal di Australia, New Zealand, dan Cina. Pada November 2006 Mizone dilanda krisis karena tidak menantumkan salah satu bahan pengawet (natrium benzoat) dalam kemasannya. BPOM memberikan tenggat waktu hingga Desember 2006 agar Mizone menarik produknya dari pasaran dan memperbaiki label pada kemasan. Pada saat itu, Mizone sudah beredar di 30 depo, 50 distributor dan 1 juta outlet di seluruh Indonesia. Penjualan turun drastis sedikitnya Rp 35 miliar perhari. Untuk mengembalikan kepercayaan konsumen, Mizone melakukan edukasi kepada konsumen melalui promosi baik below the line maupun above the line.

2). Harga (Price)

Dari segi harga, Mizone sangat kompetitif sekitar Rp 2.500 untuk isi 500 mL, jika dibandingkan dengan isotonik dalam kemasan kaleng yang yang harganya sekitar Rp 3.300 untuk isi 330 ml .

3). Distribusi (Place)

Distribusi Mizone berorientasi nasional menggunakan jalur distribusi Aqua yang sangat luas, kuat di pasar tradisional (mudah dijumpai di warung dan toko-toko yang menjual produk Aqua). Sampai ada suatu istilah di kalangan distributor “di mana ada Aqua, disitu ada Mizone”.

4). Promosi (Promotion)

Target pasar Mizone adalah semua kalangan umur, namun dalam kampanyenya lebih ditujukan kepada kalangan usia 18-35 tahun dengan aktivtas yang dinamis. Mizone melakukan kampanye besar-besaran lewat placement iklan di televisi (TV), radio, media cetak, dan media luar ruang. Belanja iklan Mizone sepanjang 2006 paling besar dibandingkan kompetitornya, yaitu sebesar 46,1 milyar. Pada Agustus 2006, Mizone mengadakan sampling road show di beberapa kota besar pada pusat keramaian. Mizone memasuki sekolah dengan membuat iklan dan pembuatan logo Mizone pada lapangan olahraga (lapangan basket) serta di white board SMA ternama di beberapa kota besar.

 

 

 

 

 

  1. 6.         ANALISIS INTERNAL

6.1       Laporan Keuangan

            Laporan Keuangan Perusahaan Tbk. Tahun 2012 dan Perhitungan Rasio Likuiditas           

PT AQUA GOLDEN MISISSIPI Tbk. DAN ENTITAS ANAK
LAPORAN POSISI KEUANGAN
KONSOLIDASI
31 DESEMBER 2012
(Dalam jutaan Rupiah,
kecuali dinyatakan lain)

                                                                                                 31 Desember 2012 
Aset lancar 
Kas dan setara kas                                                                             783,505
Piutang usaha
– Pihak ketiga                                                                                       983,865
– Pihak-pihak berelasi                                                                        92,680
Piutang lainnya
– Pihak ketiga                                                                                         26,262
– Pihak-pihak berelasi                                                                     269,947
Persediaan                                                                                    15,669,906
Pajak dibayar di muka                                                                   599,090
Uang muka pembelian tembakau                                        2,506,777
Biaya dibayar dimuka                                                                   160,797
Aset tidak lancar yang dimiliki untuk dijual                          35,484 
Jumlah aset lancar                                                             21,128,313

Aset tidak lancar
Investasi pada entitas asosiasi                                                    24,783
Properti investasi                                                                           141,005
Aset tetap                                                                                      4,115,078
Tanah untuk pengembangan                                                      144,139
Aset pajak tangguhan                                                                   164,862
Goodwill                                                                                             60,423
Aset tidak lancar lainnya                                                          468,924
Jumlah aset tidak lancar                                               5,119,214

JUMLAH ASET                                                                 26,247,527

LIABILITAS
Liabilitas jangka pendek
Pinjaman
– Pihak ketiga                                                                                493,319
– Pihak berelasi                                                                        1,812,884
Utang usaha dan lainnya
– Pihak ketiga                                                                            1,374,131
– Pihak-pihak berelasi                                                          1,053,980
Utang pajak
– Pajak penghasilan badan                                                    476,447
– Pajak lain-lain                                                                          891,849
Utang cukai                                                                            5,295,906
Akrual                                                                                          443,485
Kewajiban imbalan pascakerja
– jangka pendek                                                                          30,388
Liabilitas sewa pembiayaan
– jangka pendek                                                                          25,588
Jumlah liabilitas jangka pendek                    11,897,977

Liabilitas jangka panjang
Kewajiban imbalan pascakerja                                         854,970
Liabilitas pajak tangguhan                                                       5,091
Liabilitas sewa pembiayaan
– jangka panjan                                                                          56,037
Pendapatan tangguhan                                                        125,032
Jumlah liabilitas jangka panjang                      1,041,130

Jumlah liabilitas                                                        12,939,107

EKUITAS
Ekuitas yang dapat diatribusikan
kepada pemilik entitas induk
Modal saham
Modal dasar – 6.300.000.00
    saham biasa dengan – 6,300,000,000
nilai nominal Rp100 (Rupiah penuh)
per saham Rp100
Modal ditempatkan dan disetor
penuh – 4.383.000.000
saham biasa                                                                         438,300
Tambahan modal disetor                                                   136,937
Selisih kurs karena penjabaran
laporan keuangan                                                                 647,317
Ekuitas lainnya                                                                       (29,721)
Saldo laba
– Dicadangkan                                                                          90,000
– Belum dicadangkan                                                    12,025,587
Jumlah ekuitas                                                         13,308,420

JUMLAH LIABILITAS
DAN EKUITAS                                                           26,247,527

 

6.2       Struktur Organisasi dan Uraian Pekerjaan

Struktur organisasi mempunyai peranan penting dalam suatu perusahaan untuk menjalankan kegiatan sehari-hari, sebagai sistem pengendali intern dalam suatu perusahaan, pelimpahan wewenag dan tanggung jawab dari masing-masing bagian.

Berikut adalah struktur organisasi secara umum :

General Manager

Pascal  De petrini

 

pP

 

 

 

 

 

 

  • Uraian Pekerjaan
  1. General Manager

ü  Memonitor bisnis Danone-AQUA di Indonesia

ü  Memonitor bagaimana Profit AQUA

ü  Menyusun strategi untuk jangka panjang (4 atau 5 tahun kedepan)

ü  Membuat/menyusun laporan regional dan laporan kepada pemegang saham.

  1. Coorporate Secretary

ü  Bertanggung Jawab atas PR.

  1. VP Finance

ü  Menyusun strategi keuangan untuk jangka panjang (5 Tahun ke depan)

ü  Menyusun strategi dalam menentukan anggaran secara efisien dan efektif

  1. VP Human & Resources

ü  Menyusun Startegi Sumber daya manusia dan sumber daya lainnya yang digunakan dalam perusahaan sehingga memberikan kontribusi dan kinerja yang tinggi

  1. VP Sales & Distribusion

ü  Menyusun strategi distribusi dalam jangka panjang, program atu rencana distribusi dalam 5 tahun mendatang

  1. VP Marketing

ü  Menyusun rencana pemasaran produk AQUA sendiri, strategi pemasaran dalam jangka panjang (4 atau 5 tahun mendatang)

  1. Purchasing

ü  Menyusun strategi bagaimana membangun hubungan atau menjalin kerja sama dengan supplier.

  1. VIT

ü  Menyusun strategi penetrasi pasar VIT seiring sejalan dengan AQUA

ü  Menyusun strategi untuk menjadikan VIT sebagai air minum dalam kemasan (AMDK) yang baik dalam kelas menengah kebawah.

 

  1. 7.         ANALISIS EKSTERNAL

7.1       Analisis Kompetitif : Model Lima Kekuatan Porter

  1. Persaingan antar Perusahaan Saingan

Kebutuhan masyarakat akan air minum meningkat seiring dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk. Kesadaran masyarakat akan butuhnya air minum yang bersih dan menyehatkan berpengaruh pada persepsi masyarakat akan konsumsi Air Minum Dalam Kemasan. Atas dasar itulah, banyak pemain baru yang masuk dalam industri ini.

Menurut data Aspadin(Asosiasi Perusahaan Air Minum Dalam Kemasan Indonesia), tercatat lebih dari 400 perusahaan AMDK dan lebih dari 600 merek yang ada di pasaran. Hal ini menjelaskan bahwa beberapa perusahaan memiliki lebih dari satu merek untuk merespon tuntutan pasar yang beragam mulai dari harga sampai dengan kualitas. Sebagai contoh, PT. Golden Aqua Mississipi yang memproduksi Aqua juga memproduksi VIT.

Pemain dalam Industri butuh usaha ekstra keras untuk meningkatkan  produk yang berbeda, kualitas yang terjamin dan brand image. Kondisi persaingan sangat ketat karena banyak pesaing menjual produk AMDK yang sama. Untuk itu diperlukan informasi pasar dan kondisi pesaing terutama kelemahan dan kekuatan pesaing. Informasi itu penting berhubungan dengan penggunaan kebijakan tentang produk, harga, promosi dan distribusi.

  1. Potensi masuknya pesaing baru

Di Indonesia Dari tahun ke tahun konsumsi air kemasan terus meningkat, tercatat tahun 1973 kapasitas produksi hanya 6 juta liter per tahun. Tahun 2001 meningkat tajam menjadi 5,4 milyar liter. Setahun kemudian naik 31,5% menjadi 7,1 milyar liter. Lalu pada 2003 meningkat 14,1% mencapai 8,1 milyar liter. Tahun 2011 konsumsi air kemasan mencapai 17,3 milyar liter meningkat 23% di bandingkan tahun 2010. Tahun 2012 diperkirakan konsumsi air kemasan meningkat menjadi 19,88 milyar liter per tahun.

Dengan data di atas maka terdapat potensi masuknya pesaing baru di indonesia, karena permintaan akan AMDK semakin meningkat. Tetapi dengan banyaknya merk atau produk yang sudah ada sekarang, maka pemerintah harus ekstra ketat mengawasi keberlangsungan produk tersebut, karena banyak survey yang menyatakan terdapat produk AMDK yang membahayakan untuk konsumen. Sehingga proses pengolahan dan pembuatan AMDK harus mempunyai standart khusus yang sudah ditetapkan. Dan pendatang baru juga harus memperhatikan skala ekonomi, perbedann produk yang eksklusif, identitas merek, kebutuhan modal, akses ke dalam distribusi, keuntungan dari biaya absolute, akses yang dibutuhkan, kebijakan pemerintah, dan balasan yang diharapkan. Dengan demikian tidak semakin bertambah merek AMDK yang ada dalam pasaran, dan akan mengurangi persaingan di industry.

  1. Potensi pengembangan produk-produk pengganti

Salah satu ancaman dalam industri AMDK adalah air isi ulang. Meskipun merek-merek tertentu telah memberi peringatan untuk tidak boleh mengisi dengan produk lain, tetapi hal itu tidak berpengaruh karena pengawasan tidak ketat dalam aplikasinya. Terlebih harga air mineral isi ulang yang lebih murah dan tetap praktis. Apalagi melihat harga kebutuhan pokok semakin meningkat, tentu masyarakat menengah ke bawah lebih memilih alternative tersebut karena kebutuhan akan air mineral tidak mungkin dikurangi.

  1. Daya tawar pemasok

Dalam industri AMDK tentu pemasok mempunyai daya tawar yang tinggi, karena kebutuhan akan bahan baku plastik untuk membuat kemasan (galon, botol, dan gelas) tidak ada penggantinya. Dan tentu akan berpengaruh terhadap persangan dan juga biaya yang di keluarkan perusahaan.

  1. Daya tawar konsumen

Dalam industri AMDK daya tawar pembeli cukup tinggi, mengingat banyak alternative lain yang tersedia di pasaran. Tetapi tidak terlalu mengancam dalam industri terutama merk AQUA karena berorientasi terhadap kualitas. Jika konsumen sudah percaya dan loyal terhadap air mineral yang di konsumsi pasti ia tidak akan mudah beralih. Apalagi produk yang di konsumsi berkaitan dengan kesehatan, pasti tidak akan main-main dalam menetukan pilihannya, meskipun banyak merek yang ada.

Kesimpulan

Berdasarkan model lima factor kekuatan porter di atas maka dapat disimpulkan bahwa, industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) tidak  mempunyai ancaman yang cukup serius dalam persaingan baik dalam industry maupun pendatang baru, karena orientasi konsumen cenderung terhadap kualitas produk. Dan hanya sebagian kecil dari konsumen yang orientasinya terhadap harga. Tetapi masalah yang menjadi ancaman bagi industri AMDK adalah faktor lingkungan. Mengingat industri ini yang mengakibatkan limbah plastik semakin meningkat dan hampir tidak bisa dimusnahkan. Meskipun berbagai alternative telah dilakukan tetapi belum dapat dirasakan keberhasilannya.

Peluang dalam industri Air Mineral Dalam Kemasan sangat baik, yaitu dapat kita lihat semakin bertambahnya penduduk Indonesia baik dilihat dalam tingkat kehamilan dan kelahiran, maka memberi peluang yang cemerlang karena dapat meningkatkan penjualan yang berdampak terhadap peningkatan produksi,  peningkatan tenaga kerja, peningkatan pendapatan dan peningkatan laba bagi perusahaan. Dan juga peran pemerintah untuk mensosialisasikan cara hidup sehat untuk minum air 10-11 gelas per hari per orang juga mendatangkan peluang bagi industri AMDK untuk meningkatkan produksinya.

 

  1. 8.         ANALISIS SWOT
  2. Strong (Kekuatan)
    1. Strategi Pemasaran

1)         Brand Aqua Danone sangat kuat

2)         Distribusi yang efektif

3)         Periklanan yang berbeda dan lebih menarik

4)         Agency

5)         Slogan brand

6)         Promosi Produk

7)         Agency

8)         Pencitraan Produk Sponsor Kegiatan

9)         Menampatkan fasilitas produksi berlisensi di beberapa daerah

10)     Perluasan jarigan Pemasaran didalam dan luar negeri

  1. Produksi dan Distribusi

1)         Kualitas bahan baku

2)         Control dan monitoring bahan baku

3)         Control dan monitoring produk

4)         Kemudahan pendistribusian bahan baku

5)         Ukuran Kemasan Produk bervariatif

6)         Packaging Produk

7)         Ketersedian Laboratorium

8)         Teknologi mesin pabrik dalam menghasilkan produk

9)         Lisensi Produksi

10)     Distributor Pemasok Bahan Baku produksi perusahaan lain

  1. Persaingan

1)         Penerapan harga premium

2)         Menciptakan produk bayangan dengan brend lain

3)         Konsistensi terhadap Brand

4)         Menguasai market share dalam negeri

5)         Menjadi Bracnh Image untuk Produk Air Mineral

  1. Organisasi dan Personalia

1)         Management terdesentralisasi

2)         Total Quality Control (TQC) telah diimplementasikan diseluruh organanisai.

3)         Memperoleh ISO 9002

4)         Penghargaan tingkat Nasional dan International

5)         Go public di tingkat investory

6)         Staf peneliti berkualitas

  1. Keuangan dan saham

1)      Peningkatan keuntungan Perusahaan

2)      Stabilitas keuangan

3)      Tingkat Kepercayaan Go Public

  1. Kelemahan
    1. Strategi Pemasaran

1)      Kendali pasokan atau stock berada pada distributor utama

2)      Distribusi produk menggunakan pihak ketiga

  1. Produksi dan Distribusi

1)      Ketersedian bahan baku

2)      Produk mudah dipalsukan

3)      Keterlambatan distribusi

4)      Kemasan tidak ramah lingkungan

  1. Persaingan

1)      Ekstensi Brand

2)      Kurangnya inovasi produk

  1. Organisasi dan Personalia

1)      Semua beberapa perusahan mendapatkan sertifikat ISO 9002

  1. Keuangan dan saham

1)      Harga saham tidak liquid atau tidak stabil

  1. Peluang
    1. Bisnis air mineral menjanjikan
    2. Potensi Pasar
    3. Jangkuan Pemasaran
    4. Bahan Baku untuk wilayah Indonesia melimpah
    5. Kesempatan pangsa pasar international
    6. Dukungan pemerintah
    7. Image Posistif Masyarakat
  1. Ancaman
    1. Lokasi Sumber air
    2. Pemalsuan Produk
    3. Limbah kemasan
    4. Muncul Teknologi filterisasi air
    5. Dukungan masyarakat sekitar sumber mata air
    6. Itensitas persaingan Air minum dalam kemasan
  1. Analisis pemasaran

Analisis  Kekuatan dan Kelemahan, lihat pada gambar  1.

STRENGTH

  • Brand Aqua Danone sangat kuat
  • Distribusi yang efektif
  • Periklanan yang yang berbeda dan lebih menarik
  • Slogan brand
  • Promosi produk
  • Pelayanan Konsumen
  • Agency
  • Pencintraan Produk
  • Sponsor kegiatan
  • Design Kemasan Produk bervariatif
  • Menempatkan fasilitas produksi berlisensi di beberapa daerah
  • Perluasan jaringan pemasaran didalam dan luar negeri.

 

WEAKNESS

  • Distribusi Produk Menggunakan Pihak ketiga
  • Kendali pasokan/stock berada pada distributor utama
  • Jangkauan pemasaran

 

OPPORTUNITY

  • Bisnis air mineral menjanjikan
  • Potensi Pasar
  • Jangkauan Pemasaran
  • Bahan Baku untuk wilayah indonesia melimpah
  • Kesempatan pangsa pasar internasional
  • Dukungan pemerintah
  • Respon positif masyarakat

 

THREAT

  • Lokasi sumber air
  • Pemalsuan Produk
  • Limbah kemasan
  • Muncul Teknologi Filterisasi air
  • Dukungan masyarakat skitar sumber air
  • Intensitas persaingan air minum dalam kemasan

 

STRATEGY:

  • Meningkatkan  kontrol distribusi produk dan pasokan dari pihak ke tiga dan pemasok distributor
  • Meningkatkan jangkauan pemasaran ke suluh Indonesia dan mancanegara
  • Mencari sumber-sumber air di wilayah Indosesia dan International
  • Melakukan  lisensi pada setiap produk
  • Menigkatkan dukungan dan kepercayaan masyarakat terhadap air  minum dalam  kemasan
  • Memberikan layanan ke masyarakat sekitar sumber air
  1. Produksi dan Distribusi

Analisis  Produksi dan Disribusi :

STRENGTH

  • Kualitas bahan baku
  • Control dan monitoring bahan baku
  • Control dan monitoring produk
  • Kemudahan distribusi bahan baku
  • Ukuran Kemasan Produk bervariatif
  • Packaging Produk
  • Ketersedian laboratorium modern
  • Teknologi mesin pabrik dalam menghasilkan produk
  • License Produk
  • Distributor Pemasok Bahan Baku Perusahaan Lain

WEAKNESS

  • Ketersedian bahan baku
  • Produk mudah dipalsukan
  • Keterlambatan distribusi produk
  • Kemasan tidak ramah lingkungan

 

OPPORTUNITY

  • Bisnis air mineral menjanjikan
  • Potensi Pasar
  • Jangkauan Pemasaran
  • Bahan Baku untuk wilayah indonesia melimpah
  • Kesempatan pangsa pasar internasional
  • Dukungan pemerintah
  • Respon positif masyarakat

 

THREAT

  • Lokasi sumber air
  • Pemalsuan Produk
  • Limbah kemasan
  • Muncul Teknologi Filterisasi air
  • Dukungan masyarakat skitar sumber air
  • Intensitas persaingan air minum dalam kemasan

 

STRATEGY:

  • Mencari sumber-sumber bahan baku yang berkualitas di Indonesia yang   berlimpah dengan melakukan kontrol  dan monitoring  di laboratorium modern
  • Meningkatkan kualitas produksi dengan produk yang bervariasi,inovatif  dan pemberian lisensi pada tiap produksinya
  • Meningkatkan  teknologi mesin pabrik yang menghasilkan produk ramah lingkungan
  1. Persaingan

Analisis  Persaiangan

STRENGTH

  • Penerapan harga premium
  • Meciptakan produk bayangan dengan brand lain
  • Konsistensi terhadap Brand.
  • Menguasai Market Share dalam negeri
  • Menjadi Branch Image untuk Produk Air Mineral

WEAKNESS

  • Existensi brand
  • Kurangnya inovasi produk

 

OPPORTUNITY

  • Bisnis air mineral menjanjikan
  • Potensi Pasar
  • Jangkauan Pemasaran
  • Bahan Baku untuk wilayah indonesia melimpah
  • Kesempatan pangsa pasar internasional
  • Dukungan pemerintah
  • Respon positif masyarakat

 

THREAT

  • Lokasi sumber air
  • Pemalsuan Produk
  • Limbah kemasan
  • Muncul Teknologi Filterisasi air
  • Dukungan masyarakat skitar sumber air
  • Intensitas persaingan air minum dalam kemasan

 

STRATEGY:

  • Meningkatkan inovasi produk dengan untuk menunjang potensi pasar dengan jangkaun pemesaran  dan pangsa pasar internasional
  • Menigkatkan konsistensi terhadap Brand  dan branch Image  terhadap mayasarakat
  1. Organisasi dan Personalia

Analisis  Organisasi dan Personalia

STRENGTH

  • Manajemen perusahaan Terdesentralisasi
  • Implementasi Total Quality Control (TQC) diseluruh organisasi
  • Sertifikasi ISO 9002
  • Penghargaan tingkat nasional dan internasional
  • Melakukan Go Pucblic di tingkat investor
  • Staf peneliti

 

WEAKNESS

  • Hanya beberapa perusahaan mendapatkan Sertifikat ISO 9002

 

OPPORTUNITY

  • Bisnis air mineral menjanjikan
  • Potensi Pasar
  • Jangkauan Pemasaran
  • Bahan Baku untuk wilayah indonesia melimpah
  • Kesempatan pangsa pasar internasional
  • Dukungan pemerintah
  • Respon positif masyarakat

 

THREAT

  • Lokasi sumber air
  • Pemalsuan Produk
  • Limbah kemasan
  • Muncul Teknologi Filterisasi air
  • Dukungan masyarakat skitar sumber air
  • Intensitas persaingan air minum dalam kemasan

 

STRATEGY:

  • Mempercepat proses mendapatkan Sertifikasi ISO9002
  • Meninkatkan pelayanan terhadap manajemen
  • Memperluas jangkuan  pemasaran
  • Membangun image positif masyarakat Indonesia
  1. Masa Depan

Analisis  Masa Depan

STRENGTH

WEAKNESS

OPPORTUNITY

  • Bisnis air mineral menjanjikan
  • Potensi Pasar
  • Jangkauan Pemasaran
  • Bahan Baku untuk wilayah indonesia melimpah
  • Kesempatan pangsa pasar internasional
  • Dukungan pemerintah
  • Respon positif masyarakat

 

THREAT

  • Lokasi sumber air
  • Pemalsuan Produk
  • Limbah kemasan
  • Muncul Teknologi Filterisasi air
  • Dukungan masyarakat skitar sumber air
  • Intensitas persaingan air minum dalam kemasan

 

  • STRATEGY:
  • Mecari sumber air yang berkualitas
  • Meningkatkan dukungan terhadap masyarakat
  • Menigkatkan produksi air minum dalam kemasan

 

 

  1. Keuangan dan Saham

Analisis  Masa Depan

STRENGTH

  • Tingkat Kepercayaa Go Public
  • Peningkatan keuntungan Perusahaan
  • Stabilitas Keuangan

 

WEAKNESS

  • Harga saham tidak stabil

 

OPPORTUNITY

  • Bisnis air mineral menjanjikan
  • Potensi Pasar
  • Jangkauan Pemasaran
  • Bahan Baku untuk wilayah indonesia melimpah
  • Kesempatan pangsa pasar internasional
  • Dukungan pemerintah
  • Respon positif masyarakat

 

THREAT

  • Lokasi sumber air
  • Pemalsuan Produk
  • Limbah kemasan
  • Muncul Teknologi Filterisasi air
  • Dukungan masyarakat skitar sumber air
  • Intensitas persaingan air minum dalam kemasan

 

STRATEGY:

  • Menigkatkan  kepercayaan terhadap Go Public
  • Menigkatkatkan hubungan dengan pihak luar
  • Meningkatkan kestabilan keuangan

KESIMPULAN

PT.AQUA Golden Mississippi, kini AQUA memiliki 14 pabrik di seluruh Indonesia. PT. AQUA Golden Mississippi melakukan langkah strategis untuk bergabung dengan Group DANONE, yang merupakan salah satu kelompok perusahaan air minum dalam kemasan terbesar di dunia dan ahli dalam nutrisi. Langkah strategis lain yang dilakukan oleh AQUA adalah melakukan kerjasama dengan PT UNILEVER Indonesia akan memasarkan produk Lipton Ice Tea dalam kemasan individual. Langkah ini berdampak pada peningkatan kualitas produk, market share, dan penerapan teknologi pengemasan air terkini. Di bawah bendera DANONE-AQUA, kini AQUA memiliki lebih dari 1.000.000 titik distribusi yang dapat diakses oleh pelanggannya di seluruh Indonesia.Dari analisis SAP dan Matriks ETOP posisi PT AQUA Golden Mississippi Strong,dan Matrik strategi dengan nilai Invest dari hasil tersebut menunjukkan bahwa PT AQUA Golden Mississippi dapat berkembang dan terus maju menjadi perusahaan yang lebih dewasa dan matang.

Sumber :          www.wikipedia.com

http://dengancarakusendiri.blogspot.com/2012/04/menejemen-straategi-analisis-                 variabel.html

http://iansutrisna.blogspot.com/2013/04/laporan-keuangan-perusahaan-tbk-                         tahun.html

http://farahdamayanti.wordpress.com/2011/07/12/manajemen-stratejik-analisis-                  swot-pada-pt-aqua-danone/

Posted Juni 25, 2013 by andyseptianwibisono in Manajemen Strategik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: